9 CARA CERDAS MENGGAPAI SUKSES DITAHUN 2013 (Oleh: Maarjes Sasela)


9 CARA CERDAS MENGGAPAI SUKSES DITAHUN 2013
(Oleh: Maarjes Sasela)

Ada yang tidak dapat kita hindari yang sedang terpampang di depan mata kita saat ini, yaitu bahwa tahun 2012 dengan semua kenangan manis atau pahit pasti akan berlalu. Dan ada pula yang tidak dapat ditolak oleh siapa pun kecuali jika kematian menjemputnya sebelum memasuki tahun 2013. Kedua fakta ini adalah PASTI.
Lalu sebelum mengakiri tahun 2012 kita semua biasanya akan mengingat kenagnagan ditahun tersebut lalu ada yang dengan sadar melakukan evaluasi, introspeksi, atau koreksi diri. Ini tindakan yang sangat baik. Kita mulai memikirkan apa yang sudah kita lakukan baik yang bersifat untuk kepentingan diri dan keluarga (pekerjaan, karier, atau usaha) atau intuk pelayanan gereja dan kemanusiaan. Semua kita buat dengan harapan agar tahun 2013 nanti kita tidak mengulang kesalahan dan dapat berbuat jauh lebih baik dari tahun 2012.
Selanjutnya, untuk menjalani tahun 2013 kita mulai duduk merenung dan memikirkan hal-hal apa saja yang kiranya dapat kita buat, agar semua harapan-harapan itu dapat tercapai. Ada yng sudah terbiasa membuat rencana-rencana dan menyusunnya dengan baik dalam sebuah kerangka strategis lalu mencoba untuk berjalan sesuai planingnya. Akan tetapi, ada banyak orang yang sama sekali buta dan hanya berharap keberuntungan semata-mata. ini tentu merupakan tindakan spekulasi, sehingga biasanya orang jenis ini akan melangkah tanpa rencana dan hanya berharap bisa memperoleh apa yang mereka inginkan. Dalam mencapai apa yang mereka inginkan biasanya mereka menggunakan pendekatan TWTK alias Tiba Waktu, Tiba Akal, ini jelas tidak akan mencapai sukses yang sebanarnya, karena tidak ada ukuran sukses yang dapat dijadikan patokan untuk evaluasi..
Oleh karena itu, melalui tulisan ini saya ingin berbagi dengan semua sahabat dan rekan pelayan untuk memikirkan dengan baik apa yang akan kita buat di tahun 2013 nanti.
1. Doa; Banyak orang percaya beranggapan kurang rohani atau tidak mengandalkan Tuhan dan lebih mengandalkan diri sendiri, atau kurang beriman, jika memulai sesuatu tanpa diawali dengan doa. Saya setuju, sebelum kita memulai merencanakan sesuatu kita perlu membawa di dalam doa sehingga Tuhan memberi hikmat dan kepekaan insting kepada kita untuk tahu apa yang harus kita buat. Doa disini mencakup semua hal yang berhubungan dengan ibadah kita.
2. Evaluasi; Lakukan evaluasi diri, kita harus sadar bahwa tidak selamanya kegagalan yang kita alami adalah karena orang lain, atau karena fasilitas, dan faktor lain dari luar diri kita, meskipun itu bisa saja menjadi alasan. Akan tetapi, jangan lupa bahwa kita bukan manusia sempurna, pasti ada hal-hal prinsip dalam diri kita yang dapat menjadi penyebab kegagalan kita. Oleh karena itu kita harus berani melakukan koreksi dan intrspeksi diri.
3. Berubah; Setelah kita melakukan evaluasi diri termasuk evaluasi kinerja kita dan hubungan yang kita bangun dengan sesama maka langkah selanjutnya adalah buat rencana untuk melakukan perubahan secara bertahap dan terencana. Jangan malu untuk mengakui kelemahan kita dan lakukan tindakan untuk berubah ke arah yang lebih baik.
4. Bermimpi; Selanjutnya, kita harus berani bermimpi, tetapi bukan mimpi waktu tidur disiang bolong. Mimpi disini lebih pada bahasa kiasan yang merujuk pada visi yang sudah kita pahami bersama yang saya sebut potret masa depan yang dikerjakan hari ini. ta
5. Perencanaan; Setelah itu, buatlah sebuah peta perjalanan melalui visi yang Tuhan berikan kepada dalam bentuk rencana strategis yang akan membawa kita menunju apa yang kita yakini merupakan kehendak Tuhan untuk kita lakukan dan kita capai ditahun 2013 nanti. Kita coba susun sesuai dengan urutan prioritasnya.
6. Lakukan; Sebaik Anda sadar bahwa sebaik apapun rencana yang Anda telah buat tidak akan pernah terlaksana dan menjadi kenyataan jika itu hanya sampai pada perencaan dan tidak pernah direalisasikan secara konkrit. Hargailah visi yang Tuhan berikan dan mulailah kita melakukannya, mulailah dari hal-hal yang kecil, dari diri sendiri dan dari sekarang.
7. Evaluasi; beri waktu untuk melakukan evaluasi sesuai waktu yang telah ditetapkan (bisa setiap bulan atau triwulan) yang jelas harus secara baik dan terencana.
8. Jangan cepat menyerah;
kalau Anda bertemu dengan Thomas Alva Edison, Dale Carnegi, Bunda Theresa, Obama, Jacky Chen, Agnes Monika, dan hehehehehe Jokowi Ahok, lalu Anda bertanya apa rahasia kesuksesan mereka selain mereka akan menyebut butir-butir yang sudah saya uraikan diatas maka ini akan menjadi nasehat penting buat Anda, yakni “Jangan cepat menyerah.” Ketika Napoleon Bonaparte ditanya apa rahasia kesuksesannya dalam berperang melawan musuh-musuhnya sehingga ia disegani baik oleh lawan maupun kawan? Maka ia berkata bahwa “sebenaranya persenjataan kami sama, kekuatan personil juga sama, medan perangnya juga sama sulitnya, satu-satunya yang membuat pasukan saya menang adalah karena mereka bertahan lima menit lebih lama dari musuhnya.” Jadi kata kuncinya adalah jangan cepat menyerah.
9. Jaga Hati; yang terakhir yang saya anggap paling penting dari semuanya adalah, jagalah hati agar kita bisa menerima masukan atau kritikan, dapat bersyukur kepada TUHAN untuk segala yang terjadi, dan bersedia mendengar dan menerima masukkan yang akan mendorong kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jika kita melakukan itu kita “Percayalah kita pasti berhasil”! karena “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Rm. 8:28) Apakah Anda percaya bahwa Anda adalah orang yang terpilih sesuai dengan rencana Allah? Anda pasti sukses!
Memberkati

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s