STOP DREAMING START ACTION


189160_1008469431667_8321204_nKita sudah sangat terbiasa dan dengan itu, sering dihalangi oleh konsep berpikir klasik yang mengatakan “pikirkan dulu masak-masak sebelum berbuat sesuatu.” Memang maksud ungkapan ini baik, supaya kita tidak bertindak gegabah dalam membuat sebuah keputusan. Akan tetapi, ini kemudian berkembang menjadi sebuah pola atau gaya hidup yang sadar atau tidak telah menjadi penghambat besar bagi banyak orang untuk mulai bertindak melakukan sesuatu. Falsafah ini telah berubah menjadi sebuah monster yang selalu siap berkata, “Jangan dulu sekarang, nanti saja!”, “Tunggu dulu! Apa kamu sudah pikirkan resikonya?”, “Apa nanti kata orang kalau kamu gagal?”, “Ah, itu mustahil bisa terjadi, berhentilah mengejar yang tak mungkin”, “Lebih baik, biar lambat asal selamat.” Nah ini semua adalah alsan-alasan yang sering menjadi pelindung di zona kenyamaan orang. Dapatkah dibayangkan, kondisi ini terjadi terus dalam kehidupan Anda? Stop Dreaming Star Action!

Sayangnya, banyak orang terikat dengan kenyaman seperti ini sejak kecil sampai sekarang, akibatnya hidup tidak pernah berubah.  “Saking”, seringnya kita mengatakan pikirkan dulu masak-masak sebelum bertindak, sampai-sampai kita lupa kalau ternyata gagasan kita menjadi “gosong” alias hangus dan menjadi tidak berguna sama sekali. Artinya, ide atau gagasan kita yang brilian jika tidak pernah direalisasikan maka akan menjadi mubazir dan berlalu begitu saja tanpa pernah menjadi kenyataan. Mengapa? karena terlalu lama dan terlalu banyak pertimbangan. memang pertimbangan dalam membuat sebuah keputusan itu penting, tetapi jangan lupa, sehebat apapun ide atau gagasan yang kita miliki tidak akan berguna sama sekali, jika hanya sampai pada angan-angan dan tidak pernah diwujudkan secara konkrit. Maxwel Maltz pernah berkata” Perbedaan antara orang yang sukses dan gagal bukanlah terletak pada usaha atau ide, melainkan pada keberanian merealisasi ide, mengambil risiko yang telah diperhitungkan dan bertindak. Sebaliknya, sekecil apapun ide atau gagasan kita, jika selalu dilakukan maka ide yang direalisasikan itu akan  menggeliding membentuk bola yang akan menjadi semakin besar. Setiap orang, entakah masih muda atau tua, kaya atau miskin, laki-laki atau perempuan, kaum terpelajar atau tidak terpelajar, semua memiliki impian atau cita-cita. Akan tetapi, hanya mereka yang berani mempertaruhkan dan mau berjuang keras yang dapat mewujudkan impiannya.  Pada akhirnya, mereka yang serius berusaha mencapai harapan dan impiannya akan menjadi orang-orang hebat, pemberani dan pahlawan bagi keluarga serta sesama. Berhentilah menghakimi diri Anda dengan mengatakan “tidak mungkin bisa terjadi” karena kata “tidak mungkin” sebagaimana dirumuskan dalam Adidas Advertisment, adalah kata yang terkesan “besar” yang sering kali dilontarkan oleh manusia kerdil yang berusaha mencari jalan termudah daripada mencari kekuatan dalam dirinya untuk berubah. Kata “tidak mungkin” bukanlah fakta. Ia hanyalah sebuah pendapat. Kata “tidak mungkin” bukanlah sebuah deklarasi tetapi suatu tantangan yang berani. Kata “tidak mungkin” adalah sesuatu yang potensial. Kata “tidak mungkin” hanyalah berlaku sementara. Kata “tidak mungkin” bukanlah apa-apa.

Langkah berani yang harus dilakukan untuk bisa keluar dari zona pikiran ketidakmungkinan yang membelenggu banyak orang saat ini, adalah melalui keberanian melakukan transformasi atau perubahan pada diri sendiri. Perubahan sudah menjadi kebutuhan setiap pribadi yang mengharapkan kesuksesan. Tiger Woods menulis tentang nasehat ayahnya demikian, “Satu hal yang ayah saya  ajarkan pada saya, yaitu jangan pernah mendengar apa yang menjadi ekspektasi orang lain terhadap diri Anda. Anda harus hidup sesuai dengan hidup yang Anda inginkan dan hidup sesuai dengan ekspektasi Anda, dan ini adalah satu-satunya hal yang saya anggap penting.” Rumusan di atas sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Darmadi Darmawangsa, bahwa; Tidak ada seorangpun yang lebih besar daripada diri Anda yang mampu menghindarkan Anda dari kesuksesan, dan tidak ada seorang pun yang lebih besar daripada Anda yang dapat menyebabkan kegagalan Anda. Anda bertanggungjawab penuh atas kesuksesan dan kegagalan Anda. Kita harus berubah dari pola berpikir lama ke dalam pola berpikir baru. Dari pola berpikir tidak mungkin ke dalam pola berpikir mungkin. Dan semuanya dimulai dari diri sendiri, karena tidak ada yang bisa merubah kita kecuali diri kita sendiri terbuka untuk diubahkan.

Mengakhiri wacana ini saya teringat pernyataan Yosua bin Nun yang berkata; Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi. Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. (Yosua 1:7-8)  Stop Dreaming Star Action!

Stop Dreaming Start Action

 

Iklan

Satu Tanggapan to “STOP DREAMING START ACTION”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: